Kamis, 26 Mei 2011

Modul 1 Praktikum PBO : Kelas dan Objek

Kali ini saya akan membahas tentang Praktikum Pemrograman Berbasis Objek yang sekarang saya ambil untuk mata kuliah semester 4, untuk itu saya akan berbagi pengalaman dengan teman-teman mengenai pembahasan modul-modul pada praktikum ini. Sebelum kita membahas lebih lanjut, mungkin temen-temen ada yang belum tahu apa itu Pemrograman berbasis Objek (PBO), perlu temen-temen ketahui…tuh

PBO atau Object oriented programming ( OOP ) adalah suatu metode pemrograman yang berbasiskan pada objek, secara singkat pengertian dari OOP adalah koleksi objek yang saling berinteraksi dan saling memberikan informasi satu dengan yang lainnya. Dalam Object Oriented terdapat istilah kelas dan objek.

Nah setelah kita ketahui apa itu OOP?? Saatnya kita mengetahui juga apa itu Kelas dan Objek??

Class berbeda dengan objek. Class merupakan prototipe yang mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum. Sedangkan objek pada sisi yang lain merupakan instansiasi dari suatu kelas. Untuk lebih jelasnya saya akan beri contoh berikut: Objek-objek itu ditempatkan dalam suatu kelas tertentu dan diekspresikan dengan variable dan method. Objek-objek yang memiliki kondisi yang berbeda seperti mobil X pada gigi persneling posisi 4 dan mobil Z pada gigi persneling posisi 3 dapat disatukan dalam satu “class mobil” berdasarkan kondisi umum mobil yang dapat mengubah posisi gigi persnelingnya.

Setelah Intermezo yang saya sampaikan diatas, sekarang saatnya kita bahas contoh coding tentang Kelas dan Objek pada praktikum kali ini, agar gak terlalu lama kita langsung bahas saja.

Tugas Pendahuluan

Pada tugas pendahuluan, saya disuruh membuat contoh program objek dan kelas dengan nama motor.java, dengan keluaran sebagai berikut:
”Objek” motor-1” :
Merk : Yamaha
Pemilik : Pak Darmawan
”Objek” motor-2” :
Merk : Honda
Pemilik : Pak Nasiruddin

Kalian bica coba source code dibawah ini untuk menyelesaikan persoalan diatas:



public class motor{
public static void main(String[] args){
motor1 aku = new motor1();
aku.nama="motor-1";
aku.merk="Yamaha";
aku.pemilik="Pak Darmawan";
aku.cetakMotor();
aku.nama="motor-2";
aku.merk="Honda";
aku.pemilik="Pak Nasiruddin";
aku.cetakMotor();
}
}
class motor1{
String merk, pemilik, nama;
void cetakMotor(){
System.out.println("Object "+nama+" : ");
System.out.println("Merk : "+merk);
System.out.println("Pemilik : "+pemilik);
}
}

Hasil Running:


Implementasi
Implementasi kali ini saya disuruh membuat program kelas dan objek dengan nama kelas mahasiswa dan atribut/variablel = nama dan npm dan mempunyai metodh: tampilkanNama, tampilkanNpm, belajar, olahRaga, makan, minum. Dimana pada soal tersebut kita harus membuat 3 objek kelas mahasiswa dengan menganstisiasi nama dan npm saya serta 2 teman saya.
Penyelesaiannya dengan source code berikut:


public class mahasiswa{
public static void main(String[] args){
mhs aku = new mhs();
aku.nama="Mega";
aku.npm="090411100012";
aku.belajar="Internet";
aku.olahraga="Bulu Tangkis";
aku.makan="Mie Goreng";
aku.minum="Es Campur";
aku.tampilkanNama();
aku.tampilkanNPM();
aku.tampilbelajar();
aku.tampilolahraga();
aku.tampilmakan();
aku.tampilminum();

mhs aku1 = new mhs();
aku1.nama="Ayu";
aku1.npm="090411100044";
aku1.belajar="Matematika Diskrit";
aku1.olahraga="Lempar lembing";
aku1.makan="Bakso";
aku1.minum="Es Degan";
aku1.tampilkanNama();
aku1.tampilkanNPM();
aku1.tampilbelajar();
aku1.tampilolahraga();
aku1.tampilmakan();
aku1.tampilminum();

mhs aku2 = new mhs();
aku2.nama="Fitri";
aku2.npm="090411100013";
aku2.belajar="Cerpen";
aku2.olahraga="Renang";
aku2.makan="Mie Rebus";
aku2.minum="Susu Coklat";
aku2.tampilkanNama();
aku2.tampilkanNPM();
aku2.tampilbelajar();
aku2.tampilolahraga();
aku2.tampilmakan();
aku2.tampilminum();
}
}

//Method
class mhs{
String nama, npm, belajar, olahraga, makan, minum;
void tampilkanNama(){
System.out.println("Nama : "+nama);
}
void tampilkanNPM(){
System.out.println("NPM : "+npm);
}
void tampilbelajar(){
System.out.println("Belajar : "+belajar);
}
void tampilolahraga(){
System.out.println("Olahraga : "+olahraga);
}
void tampilmakan(){
System.out.println("Makan : "+makan);
}
void tampilminum(){
System.out.println("Minum : "+minum);
}
}

Hasil Running:


Tugas Akhir
Tugas Akhir ini merupakan program terakhir yang harus saya buat dengan ketentuan sebagai berikut:
Class : Televisi
Object : Televisiku
Attribute
- Merek
- Tipe
- Ukuran
- Tombol volume
- Tombol Channel
ethod
- Menyalakan TV
- Memindahkan Channel
- Membesarkan volume
- Mematikan Televisi

Hasil :
Merek Televisi : Samsung
Tipe Televisi : LCD TV
Ukuran Televisi : 52 inchi
Saat ini televisi sudah on.....
Channel berpindah
Volume bertambah besar.
Press any key to continue . . .

Penyelesaian tugas akhir tersebut dengan mencoba source code di bawah ini:


public class televisi{
public static void main(String[ ] args){
televisiku aku = new televisiku();
aku.nama="televisiku";
aku.merk="Samsung";
aku.tipe="LCD TV";
aku.ukuran="52 inchi";
aku.tombolVolume="tambah besar";
aku.tombolChannel="berpindah";
aku.cetakNama();
aku.menyalakanTelevisi();
aku.memindahkanChannel();
aku.membesarkanVolume();
aku.mematikanTelevisi();
}
}
class televisiku{
String nama, merk, tipe, ukuran, tombolVolume, tombolChannel;
void cetakNama(){
System.out.println("Objek : "+nama);
System.out.println("Merk : "+merk);
System.out.println("Tipe : "+tipe);
System.out.println("Ukuran : "+ukuran);
}
void menyalakanTelevisi(){
System.out.println("Saat ini televisi sudah on...");
}
void memindahkanChannel(){
System.out.println("Channel "+tombolChannel);
}
void membesarkanVolume(){
System.out.println("Volume "+tombolVolume);
}
void mematikanTelevisi(){
System.out.println("Televisi sudah off...);
}

}

Hasil Running:


Demikian pembahasan saya mengenai modul kelas dan objek kali ini semoga bermanfaat bagi teman-teman untuk mencoba dan memahami perbedaan kelas dan objek. Ketemu lagi di pembahasan modul berikutnya ya....!!!Gotcha.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar